Bismillah...

Profesional isme Kerja

Ciri-ciri profesionalisme
  1. Mengejar kesempurnaan hasil peningkatan mutu
  2. Kesungguhan dan ketelitian
  3. Ketekunan dan ketabahan
  4. Integritas tinggi
  5. Kebulatan fikiran dan perbuatan
Kompetensi
Kemampuan untuk melaksanakan suatu kegiatan secara profesional dalam kategori/fungsi praktek keprofesian sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan dalam dunia kerja nyata. pengertian lain bahwa kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh seseorang dalam melaksanakan tugasnya. Pengetahuan dan keterampilan tersebut dapat diperoleh dari pendidikan pra-jabatan dan/atau latihan.
  1. Karakteristik pokok seseorang yang berhubungan dengan unjuk kerja yang efektif atau superior pada jabatan tertentu
  2. Karakteristik pokok: kemampuan yang sangat mendalam dan merupakan bagian melekat pada pribadi seseorang dan dapat menyesuaikan sikap pada berbagai kondisi atau berbagai tugas pada jabatan tertentu
  3. Menitikberatkan pada apa yang dikerjakan bukan apa yang seharusnya diikuti
  4. Menggambarkan kemampuan menggunakan ilmu pengetahuan dan ketrampilan
  5. Mampu melakukan tugas dengan efektif
  6. Suatu sifat yang selalu menuntut profesional dalam memperdalam dan memperbaharui pengetahuan dan keterampilannya sesuai tuntutan profesinya
Cakupan Kompetensi
  1. Ketrampilan melaksanakan tugas individu dengan efisien
  2. Ketrampilan mengelola beberapa tugas yg berbeda dalam pekerjaannya
  3. Ketrampilan merespondengan efektif hal-hal yang bukan merupakan pekerjaan rutin
  4. Ketrampilan menghadapi tanggung jawab dan tuntutan lingkungan
Komponen Kompetensi Profesional dalam hal ini berkaitan dengan kemampuan :
Kompetensi individu
  1.  Inisiatif
  2.  Dipercaya
  3.  Motivasi
  4.  Kreatif
Kompetensi sosial
  1.  Berkomunikasi
  2.  Kerja kelompok
  3.  kerjasama
Kompetensi metodik
  1.  Mengumpulkan dan menganalisa informasi
  2.  Orientasi tujuan kerja
  3.  Bekerja secara sistematis
Kompetensi spesialis
  1.  Ketrampilan dan pengetahuan
  2.  Menggunakan perkakas dan peralatan dengan sempurna
  3.  Mengorganisasikan dan menangani masalah
Menurut ILO kompetensi meliputi :
  1. Keterampilan melaksanakan tugas individu dengan efesien (Task skill).
  2. Keterampilan mengelola beberapa tugas yang berbeda dalam pekerjaannya (Task management skill).
  3. Keterampilan merespon dengan efektif hal-hal yang bukan merupakan pekerjaan rutin dan kerusakan (Contigency management skill).
  4. Keterampilan menghadapi tanggung jawab dan tuntutan lingkungan termasuk bekerja dengan orang lain dan bekerja dalam kelompok (Job/role environmet skill).
Budaya Kerja
adalah suatu falsafah dengan didasari pandangan hidup sebagai nilai-nilai yang menjadi sifat, kebiasaan dan juga pendorong yang dibudayakan dalam suatu kelompok dan tercermin dalam sikap menjadi perilaku, cita-cita, pendapat, pandangan serta tindakan yang terwujud sebagai kerja.

Manfaat dari penerapan Budaya Kerja diantaranya :
  1. Mengubah sikap/prilaku untuk meningkatkan produktifitas
  2. meningkatkan kebersamaan
  3. meningkatkan keterbukaan
  4. meningkatkan Jaringan kerja
  5. meningkatkan Kepuasan kerja & pelanggan fungsional
  6. membangun komunikasi yang lebih baik