Bismillah...

Etika Programer

KELOMPOK BIDANG PROGRAMMER
  1. Programmer
  2. Database Programmer
  3. Web Programmer
  4. Multimedia Programmer
  5. Embedded Programmer

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PRODUK DAN PRODUKTIVITAS PROGRAMMER
  1. Kemampuan Pribadi
  2. Komunikasi Team
  3. Kerumitan Produk
  4. Notasi yang Tepat
  5. Pendekatan Sistematis
  6. Kendali Perubahan
  7. Tingkat Teknologi
  8. Tingkat Kehandalan
  9. Pemahaman Permasalahan
  10. Ketersediaan Waktu
  11. Persyaratan Ketrampilan
  12. Fasilitas dan Sumber Daya
  13. Pelatihan yang Cukup
  14. Kemampuan Manajemen
  15. Peningkatan Kualitas

KETERAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI SEORANG PROGRAMMER
  1. Memahami kode sumber yang ditulis sendiri pada saat ia tidak lagi mengingat detail mekanisme dari program tersebut.
  2. Melanjutkan pengelolaan, menyesuaikan, mengembangkan dan (bila perlu) merombaknya untuk menyesuaikan program dengan kebutuhan pengguna tanpa mengorbankan kemudahan perawatan di masa mendatang.
  3. Memiliki kemampuan sebagaimana dijelaskan dalam point 1. dan 2. untuk program yang ditulis dan didokumentasikan oleh programmer lain.
  4. Membaca program untuk memperkaya perkakas yang dimiliki seorang programmer untuk memecahkan masalah 

KEWAJIBAN PROGRAMMER
  1. Memahami konsep dasar sistem operasi.
  2. Memahami konsep dasar jaringan.
  3. Memahami konsep dasar relational database.
  4. Karena sekarang jaman internet, maka wajib memahami protokol HTTP, FTP, POP3, SMTP, SSH. Protokol HTTP sekarang adalah prokol yang paling banyak digunakan di internet.
  5. Karena sekarang jaman globalisasi, maka wajib memahami Unicode. Unicode itu penting supaya aplikasi kita tetap bisa diinstal di komputer mana saja.
  6. Lebih dari satu bahasa pemrograman.
  7. Cara menggunakan Version Control.

SIKAP PROGRAMMER TERHADAP KLIEN
  1. Mempunyai sikap & kepribadian baik, komunikatif, mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja, cetakan dan fleksibel.
  2. Mampu bekerja berorientasi jadwal, mengatur pekerjaan multiple project dan nerkerja sama dalam team.
  3. Membuat kontrak kerja dengan klien.
  4. Menyukai dan mengerti dasar-dasar pemrograman.

KODE ETIK PROGRAMMER
  1. Seorang programmer tidak boleh membuat atau mendistribusikan Malware.
  2. Seorang programmer tidak boleh menulis kode yang sulit diikuti dengan sengaja.
  3. Seorang programmer tidak boleh menulis dokumentasi yang dengan sengaja untuk membingungkan atau tidak akurat.
  4. Seorang programmer tidak boleh menggunakan ulang kode dengan hak cipta kecuali telah membeli atau meminta ijin.
  5. Tidak boleh mencari keuntungan tambahan dari proyek yang didanai oleh pihak kedua tanpa ijin 
  6. Tidak boleh mencuri software khususnya development tools.
  7. Tidak boleh menerima dana tambahan dari berbagai pihak eksternal dalam suatu proyek secara bersamaan kecuali mendapat ijin.
  8. Tidak boleh menulis kode yang dengan sengaja menjatuhkan kode programmer lain untuk mengambil keunutungan dalam menaikkan status.
  9. Tidak boleh membeberkan data-data penting karyawan dalam perusahaan.
  10. Tidak boleh memberitahu masalah keuangan pada pekerja dalam pengembangan suatu proyek.
  11. Tidak pernah mengambil keuntungan dari pekerjaan orang lain.
  12. Tidak boleh mempermalukan profesinya.
  13. Tidak boleh secara asal-asalan menyangkal adanya bug dalam aplikasi.
  14. Tidak boleh mengenalkan bug yang ada di dalam software yang nantinya programmer akan mendapatkan keuntungan dalam membetulkan bug.
  15. Terus mengikuti pada perkembangan ilmu komputer