KELOMPOK BIDANG PROGRAMMER
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PRODUK DAN PRODUKTIVITAS PROGRAMMER
KETERAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI SEORANG PROGRAMMER
KEWAJIBAN PROGRAMMER
SIKAP PROGRAMMER TERHADAP KLIEN
KODE ETIK PROGRAMMER
- Programmer
- Database Programmer
- Web Programmer
- Multimedia Programmer
- Embedded Programmer
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PRODUK DAN PRODUKTIVITAS PROGRAMMER
- Kemampuan Pribadi
- Komunikasi Team
- Kerumitan Produk
- Notasi yang Tepat
- Pendekatan Sistematis
- Kendali Perubahan
- Tingkat Teknologi
- Tingkat Kehandalan
- Pemahaman Permasalahan
- Ketersediaan Waktu
- Persyaratan Ketrampilan
- Fasilitas dan Sumber Daya
- Pelatihan yang Cukup
- Kemampuan Manajemen
- Peningkatan Kualitas
KETERAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI SEORANG PROGRAMMER
- Memahami kode sumber yang ditulis sendiri pada saat ia tidak lagi mengingat detail mekanisme dari program tersebut.
- Melanjutkan pengelolaan, menyesuaikan, mengembangkan dan (bila perlu) merombaknya untuk menyesuaikan program dengan kebutuhan pengguna tanpa mengorbankan kemudahan perawatan di masa mendatang.
- Memiliki kemampuan sebagaimana dijelaskan dalam point 1. dan 2. untuk program yang ditulis dan didokumentasikan oleh programmer lain.
- Membaca program untuk memperkaya perkakas yang dimiliki seorang programmer untuk memecahkan masalah
KEWAJIBAN PROGRAMMER
- Memahami konsep dasar sistem operasi.
- Memahami konsep dasar jaringan.
- Memahami konsep dasar relational database.
- Karena sekarang jaman internet, maka wajib memahami protokol HTTP, FTP, POP3, SMTP, SSH. Protokol HTTP sekarang adalah prokol yang paling banyak digunakan di internet.
- Karena sekarang jaman globalisasi, maka wajib memahami Unicode. Unicode itu penting supaya aplikasi kita tetap bisa diinstal di komputer mana saja.
- Lebih dari satu bahasa pemrograman.
- Cara menggunakan Version Control.
SIKAP PROGRAMMER TERHADAP KLIEN
- Mempunyai sikap & kepribadian baik, komunikatif, mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja, cetakan dan fleksibel.
- Mampu bekerja berorientasi jadwal, mengatur pekerjaan multiple project dan nerkerja sama dalam team.
- Membuat kontrak kerja dengan klien.
- Menyukai dan mengerti dasar-dasar pemrograman.
KODE ETIK PROGRAMMER
- Seorang programmer tidak boleh membuat atau mendistribusikan Malware.
- Seorang programmer tidak boleh menulis kode yang sulit diikuti dengan sengaja.
- Seorang programmer tidak boleh menulis dokumentasi yang dengan sengaja untuk membingungkan atau tidak akurat.
- Seorang programmer tidak boleh menggunakan ulang kode dengan hak cipta kecuali telah membeli atau meminta ijin.
- Tidak boleh mencari keuntungan tambahan dari proyek yang didanai oleh pihak kedua tanpa ijin
- Tidak boleh mencuri software khususnya development tools.
- Tidak boleh menerima dana tambahan dari berbagai pihak eksternal dalam suatu proyek secara bersamaan kecuali mendapat ijin.
- Tidak boleh menulis kode yang dengan sengaja menjatuhkan kode programmer lain untuk mengambil keunutungan dalam menaikkan status.
- Tidak boleh membeberkan data-data penting karyawan dalam perusahaan.
- Tidak boleh memberitahu masalah keuangan pada pekerja dalam pengembangan suatu proyek.
- Tidak pernah mengambil keuntungan dari pekerjaan orang lain.
- Tidak boleh mempermalukan profesinya.
- Tidak boleh secara asal-asalan menyangkal adanya bug dalam aplikasi.
- Tidak boleh mengenalkan bug yang ada di dalam software yang nantinya programmer akan mendapatkan keuntungan dalam membetulkan bug.
- Terus mengikuti pada perkembangan ilmu komputer